Tips : 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan Untuk Cegah Penuaan Dini. 

6 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui, Bisa Cegah Penuaan Dini Juga lho

 

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan/pexels.com/Karolina Grabowska

Untuk membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat dan memiliki aroma yang sedap, seringnya kita tidak melewatkan bawang putih ke dalam resep masakan tersebut. Bawang putih merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan sebagai penyedap rasa alami. 

Namun, bawang putih juga memiliki aroma menusuk yang kurang sedap. Oleh karena itu, beberapa dari kita mungkin tidak begitu menyukai bawang putih dalam masakan. Walaupun begitu, ternyata bawang putih menyimpan banyak manfaat.

Tidak hanya untuk kesehatan kita, bawang putih juga memiliki manfaat untuk kecantikan, baik dikonsumsi langsung ataupun tidak. Penasaran dengan manfaat bawang putih untuk kecantikan? Yuk, simak artikel dibawah ini: 

1. Mengatasi Penuaan

Mengatasi Penuaan
Mengatasi Penuaan/Foto : pexels.com/Sora Shimazaki

Kerutan di area mata, keriput yang muncul di area kulit wajah tertentu, kulit kering, dan kusam merupakan tanda-tanda penuaan dini yang bisa terjadi. Selain itu, paparan sinar matahari, polusi, dan gaya hidup tidak sehat juga dapat menjadi pemicu penuaan dini.

Melansir dari laman IOL, mengkonsumsi bawang putih bisa menunda tanda-tanda penuaan di kulit. Mengkonsumsi satu siung bawang putih di pagi hari saat perut kosong, dipadukan dengan air lemon dan madu dinilai dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

2. Mengurangi Strechmarks

Mengurangi Strechmarks
Mengurangi Strechmarks/Foto : freepik.com/valuavitaly

Melansir dari laman Bollywood Shaadis, kandungan sulfur yang ada pada bawang putih bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit, termasuk mengurangi strechmarks.

Penggunaan bawang putih untuk mengurangi strechmarks yakni dengan mengoleskan ke area tubuh tertentu menggunakan minyak yang sudah dicampur ekstrak atau jus bawang putih. Bisa juga dengan cara menghancurkan satu siung bawah putih dan dicampur dengan tomat

Aplikasikan ke area tubuh yang diinginkan, pijat perlahan, dan tunggu kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air. Selain mengurangi strechmarks, campuran ini juga membantu kulit menjadi lebih bersih dan halus. 

 

3. Mengatasi Kulit Berjerawat

Mengatasi Kulit Berjerawat
Mengatasi Kulit Berjerawat/Foto : freepik.com/user18526052

Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antibakteri alami yang baik untuk mengobati kulit berjerawat. Seperti yang dilansir dari laman Femina India. Penggunaan bawang putih untuk area kulit berjerawat juga cukup mudah. 

Hancurkan satu siung bawang putih sampai ekstraknya keluar, campurkan dengan sedikit madu dan aplikasikan ke area wajah tertentu menggunakan kapas. Jangan diamkan lebih dari 5 menit, lalu bilas sampai bersih. 

Untuk Beauties yang memiliki kulit wajah sensitif, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. 

4. Mengobati Eksim dan Psoriasis 

Mengobati Eksim dan Psoriasis
Mengobati Eksim dan Psoriasis/Foto : freepik.com/Racool_studio

Psoriasis adalah keadaan di mana kulit mengalami ruam memerah, kulit kasar, kering, dan bersisik. Bawang putih memiliki kandungan antiinflamasi alami yang bisa meredakan psoriasis atau iritasi pada kulit. 

Melansir dari laman The Healthy, aplikasikan minyak bawang putih di area kulit tertentu, seperti ruam, iritasi, kering, bahkan eksim. Cara ini merupakan salah satu cara mudah dan alami untuk mengatasi permasalahan kulit. 

5. Mengurangi Ketombe pada Rambut

Mengurangi Ketombe pada Rambut
Mengurangi Ketombe pada Rambut/Foto : freepik.com/nakaridore

Tidak hanya untuk wajah, bawang putih juga memiliki manfaat baik untuk rambut, terutama untuk mengurangi ketombe. Melansir dari laman Styles at Life, untuk mengurangi ketombe dengan bawang putih, yaitu dengan memanaskan beberapa siung bawang putih dengan minyak kelapa. 

Ketika ekstrak dari bawang putih sudah bercampur dengan minyak kelapa, matikan api. Tunggu beberapa saat sampai dingin, lalu aplikasikan minyak kelapa yang sudah diberi bawang putih di kulit kepala dan pijat perlahan. 

Setelahnya bilas dengan air, lalu lanjutkan dengan penggunaan sampo atau kondisioner yang biasa digunakan. 

6. Merawat Rambut dan Kurangi Rontok

Merawat Rambut dan Kurangi Rontok
Merawat Rambut dan Kurangi Rontok/Foto : freepik.com/jcomp

Selain mengurangi ketombe, campuran bawang putih dan minyak kelapa juga membantu untuk mengurangi rambut rontok dan memperkuat akar rambut. Demikian seperti yang dilansir dari laman Best Health. 

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang memiliki manfaat antioksidan dan antibakteri yang dinilai efektif untuk mengurangi rambut rontok. Kandungan vitamin E dan selenium dipercaya bisa membantu melawan kerontokan rambut. 

sumber : beautynesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *