3 Bahan Aktif yang Cocok Digunakan Bersama dengan Retinol, Bisa Dipadupadankan Untuk Skincaremu !

 
3 Bahan Aktif yang Cocok Digunakan Bersama dengan Retinol, Saling Melengkapi!

 

Ilustrasi memakai skincare/ Foto: Freepik/freepik

Retinol sejak lama menjadi salah satu bahan aktif skincare yang populer dan banyak dicari. Bahan aktif yang satu ini dikenal akan khasiatnya yang dapat mencegah berbagai tanda penuaan dini, mengurangi flek hitam, hingga memperbaiki tekstur kulit.

Meski begitu, retinol sendiri dikenal sebagai bahan yang cukup keras sehingga rentan membuat iritasi. Karena itulah retinol tak boleh sembarangan dicampur dengan bahan aktif skincare lainnya.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa bahan aktif yang justru akan cocok jika digunakan bersamaan dengan retinol, lho. Penasaran? Berikut penjelasannya, Beauties.

1. Hyaluronic Acid

 

Bahan aktif yang cocok dengan retinol
Produk hyaluronic acid cocok dengan retinol/ Foto: Instagram/hadalaboid

Hyaluronic acid merupakan bahan aktif yang ampuh untuk melembapkan kulit. Mengutip dari Glamour, menurut dermatologis Corey L. Hartman M.D, hyaluronic acid adalah salah satu humektan terbaik di dunia.

Molekul pada hyaluronic acid dapat menarik dan mempertahankan kadar air pada kulit, sehingga kelembapan kulit akan terus terjaga.

Khasiat melembapkannya tersebut, menjadikan bahan aktif ini cocok digunakan bersama retinol karena dapat mencegah iritasi yang mungkin akan timbul. Selain itu, mengombinasikan kedua bahan ini efektif membuat tekstur kulit menjadi lebih baik.

2. Centella Asiatica

 

Bahan aktif yang cocok dengan retinol
Produk cica cocok dengan retinol/ Foto: Instagram/npureofficial

Dikenal juga dengan sebutan cica, bahan aktif yang satu ini dikenal baik untuk menenangkan, menghidrasi, dan mengurangi hipersensitivitas pada kulit.

Karena itu melansir dari Refinery29, Dr. Tiina Meder merekomendasikan untuk menggunakan produk berbahan cica jika kamu menggunakan retinol. Hal ini karena cica dapat mengurangi efek samping dari penggunaan retinol seperti kulit yang berpotensi menjadi kering, kemerahan, hingga breakout.

 

3. Niacinamide

 

Bahan aktif yang cocok dengan retinol
Produk niacinamide cocok dengan retinol/ Foto: Shopee/trueve.id

Selama ini niacinamide dikenal sebagai agen pencerah kulit yang efektif. Tak hanya itu, niacinamide juga ternyata cocok untuk digunakan bersama retinol, lho. Mengutip Web MD, kamu bisa menggunakan niacinamidesecara terpisah ataupun menggabungkannya dalam satu produk dengan retinol.

Kombinasi dari keduanya akan bekerja secara efektif dalam menyamarkan garis halus dan kerutan, sekaligus mencerahkan dan meratakan warna kulit. Selain itu, niacinamide juga dikatakan dapat mengurangi iritasi yang mungkin ditimbulkan karena penggunaan retinol.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, bahan aktif apa saja yang cocok digunakan bersama dengan retinol? Semoga bermanfaat ya.

sumber : beautynesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *