5 Bahan Alami yang Bisa Membantu Pudarkan Flek Hitam Menurut Ahli

 
5 Bahan Alami yang Bisa Membantu Pudarkan Flek Hitam Menurut Ahli

Bahan alami yang membantu memudarkan flek hitam menurut dermatologist/ Foto: Freepik.com

Flek hitam atau yang biasa disebut dengan dark spot merupakan salah satu permasalahan kulit yang cukup sering ditemui. Terlebih lagi jika bintik hitam tersebut berada di area wajah yang mudah terlihat.

Kemunculan bintik hitam sendiri biasanya terjadi akibat hiperpigmentasi pascainflamasi. Misalnya saja setelah jerawat sembuh dari peradangan, kemudian muncul noda bekas jerawat berwarna kehitaman. 

Tentunya, tidak ada hal yang lebih dibutuhkan selain mengetahui solusi untuk mengatasinya. Salah satu caranya ialah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dikutip dari Byrdie, Dendy Engelman, MD, FACMS, FAAD selaku ahli bedah kulit bersertifikat di Manhattan, AS, menyebut beberapa bahan alami berikut bisa digunakan untuk membantu memudarkan flek hitam.

Pepaya

Pepaya/ Foto: Freepik.com
Pepaya/ Foto: Freepik.com

Bahan alami yang pertama adalah pepaya. Pepaya memiliki asam buah yang dikenal sebagai Alfa Hidroksi (AHA) yang merupakan exfoliant kimia. Kandungan asam ini bekerja untuk memperbaiki kulit dengan menghilangkan lapisan atas kulit. Dengan demikian, hal tersebut dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan kekusaman.

Pepaya juga dapat meningkatkan produksi kolagen karena kemampuannya tersebut. Untuk membantu memudarkan flek hitam dengan pepaya bisa dengan cara menumbuk pepaya matang ke dalam mangkuk kemudian mengoleskannya ke area wajah sebagai masker.

Kunyit

Kunyit/ Foto: Freepik.com
Kunyit/ Foto: Freepik.com

Selanjutnya ada kunyit yang diketahui memiliki banyak khasiat penyembuhan termasuk mengurangi peradangan. Tidak sampai di situ saja, manfaat kunyit juga bisa ditemukan pada kulit karena kunyit terbukti dapat menghambat produksi melanin yang menyebabkan bintik-bintik akibat hiperpigmentasi.

Untuk memudarkan flek hitam menggunakan kunyit sebagai bahan alami, kamu bisa mencampurkan kunyit yang sudah dihaluskan dengan madu untuk dijadikan masker. Selanjutnya aplikasikan pada area wajah.


Minyak Almond

Almond oil/ Foto: Freepik.com
Almond oil/ Foto: Freepik.com

Meskipun dinamai minyak almond, perlu dibedakan antara minyak almond yang dipakai untuk memasak dan minyak almond yang dipakai untuk kulit. Minyak almond yang digunakan untuk kulit kaya akan kandungan vitamin dan mineral.

Adanya vitamin E dan niasin di dalam bahan alami ini dapat membantu memperbaiki hiperpigmentasi dan warna kulit. Terlebih lagi minyak almond juga dikenal noncomedogenic alias tidak menyumbat pori-pori. Penggunaan minyak almond sendiri bisa dijadikan sebagai bahan penghapus riasan ataupun pelembap yang dapat melindungi kulit.

Tomat

Tomat/ Foto: Freepik.com
Tomat/ Foto: Freepik.com

Bahan alami yang satu ini juga bisa digunakan untuk membantu masalah hiperpigmentasi. Menurut sebuah studi pada tahun 2011, peserta yang menelan sekitar 55 miligram pasta tomat dengan minyak zaitun per hari melihat adanya perlindungan dari kerusakan sinar matahari.

Hal ini bisa terjadi karena tomat secara alami kaya akan kandungan likopen yang mempunyai banyak manfaat kesehatan potensial termasuk perlindungan terhadap sinar matahari.

Yoghurt

Yoghurt/ Foto: Freepik.com
Yoghurt/ Foto: Freepik.com

Bahan yang satu ini mungkin saja menjadi salah satu favorit atau bahkan bisa ditemukan dengan mudah di kulkas yang ada di dapur rumah kamu. Ya, yogurt memiliki sifat pengelupasan kimiawi yang berasal dari kandungan asam laktat yang dapat membantu memecah sel-sel kulit mati.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan yogurt dan susu sapi. Kedua kandungan ini mengandung asam laktat yang akan membantu untuk memperbaiki perubahan warna dan bintik-bintik penuaan.

sumber : beautynesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *