Kamu Tahu Gak? Ini Penyebab Kulit Wajah Beruntusan dan 3 Rekomendasi Skincare untuk Mengatasinya!

 
Sudah Tahu? Ini Penyebab Kulit Wajah Beruntusan dan 3 Rekomendasi Skincare untuk Mengatasinya!
Penyebab Kulit Wajah Beruntusan dan Rekomendasi Skincare untuk Mengatasinya/Foto: Pexels.com

Beauties, pernah mengalami timbul banyak bintil-bintil kecil menyebar di dahi atau pun pipi yang tampak seperti berpasir? Bisa jadi itu adalah beruntusan. Walau bentuknya kecil, tetapi masalah beruntusan di jidat kerap mengganggu penampilan wajah dan dapat menurunkan rasa percaya diri.

Karena nggak dipungkiri, menghilangkan masalah beruntusan tak semudah menyembuhkan satu jerawat saja. Daripada bingung, yuk, kita cari tahu sama-sama penyebab kulit wajah beruntusan berikut cara mengatasinya. Simak di sini ya, Beauties!

Apa itu Beruntusan?

penyebab beruntusan di wajah
Beruntusan di wajah/Foto: Dermatologytimes.com

Beruntusan pada wajah merupakan masalah kulit yang termasuk dalam kategori jenis komedo putih (whitehead), jerawat pustula, dan jerawat papula. Bentuknya berupa bintil-bintil kecil belum berkembang dan muncul dalam jumlah banyak, sehingga akan terasa kasar saat kamu menyentuhnya.

Beruntusan biasanya muncul secara menyebar di kulit wajah lainnya, seperti dahi dan pipi.

Penyebab Beruntusan di Wajah

Seperti hal nya jerawat, kondisi beruntusan dapat terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh penumpukan minyak berlebih, kotoran, dan sel-sel kulit mati, sehingga mengakibatkan bakteri berkumpul di bawah kulit. Bila ada peradangan, maka beruntusan bisa terjadi. 

Berikut beberapa penyebab beruntusan di jidat.

1. Penumpukan Sisa Makeup dan Kotoran di Wajah

Kalau kamu masih malas membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian, masalah beruntusan nggak segan-segan menghampiri wajahmu, loh!

Pasalnya, kotoran, keringat, debu, dan sisa makeup yang tertinggal mau pun belum bersih terangkat dari kulit wajah rentan membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat. Inilah yang membuat bakteri penyebab beruntusan timbul. Untuk itu, sebaiknya lakukanlah double cleansing setiap hari saat membersihkan wajah.

2. Kurang Menjaga Kebersihan

penyebab beruntusan di wajah
Poni dan headband kotor memicu beruntusan di dahi/Foto: Pexels.com/Michael Burrows

Tangan kita menyimpan banyak sekali kuman dan bakteri yang berisiko menimbulkan infeksi pada kulit. Jika kamu memiliki kebiasaan sering iseng menyentuh area wajah dengan tangan, apalagi memencet-mencet jerawat atau beruntusan, bisa-bisa kulitmu jadi iritasi dan memicu jerawat.

Nggak hanya itu, mengenakan topi, ikat kepala, bandana atau helm yang kotor serta membiarkan rambut dan poni yang berkeringat menyentuh dahi dapat menyebabkan beruntusan di jidat.

3. Kelembapan Kulit yang Hilang

Rupanya, kondisi kulit yang kering dan dehidrasi akan memacu kulit bekerja lebih keras memproduksi minyak. Minyak ekstra ini, yang dikirim melalui pori-pori untuk melindungi dan menghidrasi kulit, terkadang dapat tersumbat saat menuju ke permukaan kulit. Hal inilah yang menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri penyebab jerawat.

Jadi apapun jenis kulitmu, pastikan kamu selalu menjaga kelembapan kulit melalui penggunaan moisturizer dan minum air putih yang cukup.

4. Pengaruh Produk Rambut

penyebab beruntusan di wajah
Produk rambut tertentu menyebabkan beruntusan/Foto: Pexels.com/cottonbro

Produk rambut tertentu yang terkena dahi terkadang dapat memperburuk jerawat. Jerawat pomade misalnya, disebabkan oleh produk rambut yang bertekstur tebal atau berminyak. Begitu pun ketika kamu menggunakan produk seperti minyak kelapa dan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut karena bersifat komedogenik.

5. Stres dan Perubahan Hormon

Beruntusan menjadi salah satu reaksi dari stres yang tidak terkontrol dengan baik. Alasannya boleh jadi karena lonjakan hormon stres (kortisol) memicu produksi sebum lebih banyak dan menyebabkan peradangan.

Jerawat juga sangat umum terjadi selama masa pubertas akibat perubahan kadar hormon yang meningkat. Dahi adalah salah satu lokasi paling umum bagi jerawat awal.

Rangkaian Produk Skincare untuk Mengatasi Wajah Beruntusan

1. Eksfoliasi

penyebab beruntusan di wajah
Avoskin Miraculous Refining Toner/Foto: Instagram.com/avoskinbeauty

Lakukanlah double cleansing dan eksfoliasi secara teratur dengan bahan chemical exfoliator (AHA/BAHA) yang tidak menyebabkan iritasi untuk menjaga pori-pori bebas dari penyumbatan. Cobalah Avoskin Miraculous Refining Toner secara rutin 1-3 kali per minggu.

2. Pelembap Wajah

penyebab beruntusan di wajah
True to Skin Niacinamide Brightening Serum/Foto: Instagram.com/truetoskinofficial

Bila kulit tetap terjaga hidrasinya, maka kadar minyak di wajah bakal seimbang. Gunakanlah serum yang mengandung zinc untuk mengatasi jerawat dan moisturizer yang bersifat non-komedogenik. Rekomendasinya, ada True to Skin Niacinamide Brightening Serum dengan zinc serta Glowinc Potion Acnecore+ Moisturizer.

3. Obat Totol Jerawat

penyebab beruntusan di wajahN’Pure Cica Acne Spot/Foto: Instagram.com/npureofficial/ Foto: Nisrina Salsabila

N’Pure Cica Acne Spot mengandung granactive acne peptidesalicylic acid, sulfur, calamine, dan zinc PCA yang bagus untuk merawat kulit berjerawat. Produk ini bisa digunakan untuk usia 14 tahun ke atas, loh!

sumber : beautynesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *