4 Cara Mudah Merawat Bibir agar Tetap Sehat dan Lembap saat Musim Pancaroba

4 Cara Mudah Merawat Bibir agar Tetap Sehat dan Lembap saat Musim Pancaroba
Cara Merawat Bibir/Foto: pexels.com/MART PRODUCTION

Musim pancaroba seperti sekarang ini tidak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh, tapi juga mempengaruhi kesehatan bibir. Ketika musim hujan, bibir menjadi pecah-pecah, sedangkan saat musim panas bibir akan kering atau mengalami dehidrasi. 

Untuk menghindarinya, ternyata ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk merawat bibir agar terlihat sehat dan lembap. Tidak hanya perawatan wajah, tubuh, ataupun rambut yang harus diperhatikan, namun perawatan untuk bibir juga sama pentingnya. 

Berikut beberapa cara mudah dan alami untuk menjaga bibir tetap sehat di musim pancaroba: 

1. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Rutin Melakukan Eksfoliasi
Rutin Melakukan Eksfoliasi/Foto : pexels.com/Polina Kovaleva

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk merawat bibir adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi. Dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Miamin, Annie Gonzales, M.D menjelaskan, eksfoliasi membantu untuk menghilangkan sel kulit mati dan mengatasi bibir pecah-pecah.

Melansir dari laman Hello Giggles, pilih produk eksfoliasi dari gula dan kandungan lainnya seperti beeswax, shea butter, oil, dan madu untuk efek melembapkan bibir. Lakukan eksfoliasi bibir seminggu 2-3 kali atau sesuai kebutuhan. 

Ambil produk secukupnya, aplikasikan secara merata pada permukaan bibir, lakukan pijatan dengan lembut, lalu bilas sampai bersih menggunakan air. 

2. Gunakan Lip Balm Setiap Hari

Gunakan Lip Balm Setiap Hari
Gunakan Lip Balm Setiap Hari/Foto : pexels.com/Burst

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap bibir untuk menjaga bibir tetap lembap dan ternutrisi. Penggunaan pelembap bibir secara teratur membantu mencegah bibir pecah-pecah, kering, dan mencerahkan bibir gelap. 

Melansir dari laman How Stuff Works, petroleum jelly, juga beeswax merupakan kandungan yang tepat untuk menjaga kelembapan bibir dan tidak cepat menguap. Selain itu aloe vera menjadi kandungan tepat untuk bibir yang sensitif atau mudah iritasi. 

Ketika cuaca sedang panas atau melakukan aktivitas di luar ruangan, disarankan menggunakan pelembap bibir dengan kandungan SPF 15 untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari dan mencegah bibir gelap. 

 

3. Aplikasikan Lip Mask Sebelum Tidur

Aplikasikan Lip Mask sebelum Tidur
Aplikasikan Lip Mask sebelum Tidur/Foto : pexels.com/Burst

Untuk perawatan tambahan, gunakan lip mask di malam hari sebelum tidur. Lip mask akan menjaga bibir tetap lembap dan ternutrisi selama tidur dan pada pagi hari bibir akan tetap lembap dan menjadi plumpy

Penggunaan lip mask rutin setiap malam juga dapat mencegah bibir menjadi mudah pecah-pecah dan mencerahkan bibir lebih optimal. 

4. Minum Air Putih dan Tetap Terhidrasi 

Minum Air Putih dan Tetap Terhidrasi
Minum Air Putih dan Tetap Terhidrasi/Foto : pexels.com/Lisa Fotios

Langkah terakhir dan paling penting adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan cukup mengkonsumsi air putih setiap harinya. Tubuh yang terhidrasi akan mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Demikian seperti yang dilansir dari laman Abreva. 

Selain itu, mengkonsumsi makanan dengan kandungan zinc, asam lemak omega-3 seperti ikan segar, buah-buahan, dan sayuran hijau juga akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menjaga tubuh tetap sehat. 

sumber : beautynesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *